06.36

Aplikasi Akuntansi Dalam Perbankan


 Sistem Pencatatan Transaksi Keuangan
Sistem pencatatan transaksi keuangan yang dipergunakan di Bank BRI adalahsistem pencatatan “double entry” baik untuk transaksi yang tercatat dalam neracamaupun transaksi yang tidak tercatat dalam neraca. Dalam sistem ini setiap transaksiakan dicatat dalam dua kelompok jurnal, yaitukelompok debit dan kelompok kredit.Jika terdapat jurnal transaksi yang melibatkan rekening debit dan rekening kreditlebih dari satu, maka jumlah total nilai dari kelompok debit dan kelompok kreditharus sama (seimbang).
Dalam rangka memudahkan sistem pencatatan transaksi di setiap unit kerjaBRI saat ini digunakan teknologi komputer dengan sistem aplikasi induk perbankanSilverlake, yang juga digunakan oleh bank-bank lain seperti Bank Mandiri, BTN, dsb.Dengan bantuan teknologi informasi ini, maka transaksi yang dilakukan oleh seluruhunit kerja BRI yang telah menggunakan aplikasi ini dapat direkonsiliasi pada akhirhari dan dapat dihasilkan laporan keuangan ringkas setiap hari.
Sistem Pencatatan Transaksi Keuangan Dalam Valuta Asing
Dengan sistem aplikasi perbankan Silverlake, BRI dapat menerapkan sistempencatatan transaksi keuangan dalam berbagai mata uang. Dengan demikian setiaptransaksi akan dicatat dalam rekening yang sesuai dengan mata uangnya. Dalam halsuatu transaksi melibatkan dua mata uang yang berbeda, maka untuk menjembatanitransaksi tersebut dipergunakan rekening perantara yang diberi nama RekeningPerantara Valuta (RPV). RPV terdiri dari dua jenis, yaitu RPV untuk Bank Notes(BN) dan RPV untuk Devisa Umum (DU). Untuk memudahkan dalampelaksanaannya jurnal transaksi atas RPV dibuat secara otomatis oleh sistempembukuan.

0 komentar:

Copyright 2011
INFORMATIC VOICES

Powered by
Free Blogger Templates