06.38

Aplikasi Akuntansi Dalam Perbankan

Sistem Pencatatan Transaksi Keuangan Antarkantor(Unit Kerja)
Bank BRI mempunyai banyak unit kerja (kantor) yang tersebar di seluruhIndonesia, sehingga dalam pencatatan translsi antar kantor digunakan rekeningdengan nama Rekening Antar Kantor (RAK) baik untuk valuta rupiah maupun valutaasing. Mengingat system aplikasi induk perbankan yang digunakan adalah systemSilverlake yang merupakan system pembukuan yang terpusat, maka seluruh transaksiantar kantor secara otomatis dilakukan melalui kantor pusat secara online dan realtime. Sebagai sentral dari transaksi antar kantor tersebut, di kantorpusat Bank BRIdigunakan unit kerja virtual dengan kode 999 sebagai jembatan untuk menyelesaikanseluruh transaksi antar kantor.
 Sistem Pencatatan Pengakuan Pendapatan dan Beban
Sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No.31 revisi 2000)pendapatan bunga diakui secara akrual kecuali pendapatan bunga dari kredit danaktiva produktif yang non performing. Pendapatan bunga dari kredit dan aktivaproduktif lain yang nonperforming diakui pada saat pendapatan tersebut diterima(cash basis). Oleh karena itu pada saat kredit atau aktiva produktif laindiklasifikasikan sebagai nonperforming (aktiva produktif dengan kolektibilitas kuranglancar, diragukan, dan macet) bunga yang telah diakui tetapi belum tertagih harusdibatalkan. Pada saat dilakukan pembatalan pendapatan bunga tersebut, harus diikutidengan pembukuan pendapatan bunga dalam penyelesaian pada akun tagihan kontijensi.
Dalam praktik perbankan, pembentukan dan pencatatan pendapatan bungasecara akrual, pada prinsipnya dilakukan setiap hari untuk menggambarkan kondisiyang mendekati kenyataan.
Sistem Pengklasifikasian Rekening
Bank BRI dalam melakukan pencatatan sistem akuntansinya menggunakansistem General Ledger (GL). Nomor rekening GL ini akan ditampilkan dalam laporankeuangan (neraca, laba rugi, komitmen, kontijensi), sedangkan untuk mencatattransaksi dari masing-masing GL tersebut digunakan rekening GL Referensi,Customer Account, dan Internal Account.

0 komentar:

Copyright 2011
INFORMATIC VOICES

Powered by
Free Blogger Templates